Menghitung Kesuburan Wanita

Menghitung Kesuburan Wanita - Menentukan atau menghitung masa subur adalah salah satu bagian dari penentu kesuksesan program hamil yang anda lakukan, dan untuk memudahkan anda, berikut ini adalah cara atau tips menentukan dan menghitung masa subur pada wanita.

Dalam pernikahan, isu tentang kesuburan sangatlah penting. Maklum, sebagian besar pasangan baru biasanya ingin segera memiliki momongan. Persoalannya, harapan itu kadang terkendala oleh tidak mudahnya menentukan masa subur. Biasanya pasangan yang baru menikah menginginkan kehadiran anak. Hanya sedikit pasangan yang bersepakat untuk tidak punya anak dengan alasan tertentu. Di sinilah kaitan antara seks, kesuburan, dan kehamilan.

Siklus menstruasi yang teratur umumnya terjadi sekitar 28 hingga 30 hari dan untuk lama keluarnya darah menstruasi tersebut sekitar 3 hingga 7 hari yang terjadi setiap bulannya.

VIDEO PILIHAN

Metode Kontrasepsi Pantang Berkala atau lebih dikenal dengan sistem kalender adalah  salah satu cara/metode kontrasepsi sederhana yang tidak melakukan hubungan pada masa subur. Metode ini juga bisa berjalan efektif,  bila dilakukan secara baik dan benar. Dengan penggunaan sistem kalender, maka  setiap pasangan dimungkinkan dapat merencanakan setiap kehamilannya.

Menghitung masa subur
Masa subur adalah sebuah masa dimana perempuan berada di tingkat kesuburan tertinggi dan siap untuk dibuahi dengan kemungkinan hamil yang lebih besar dari hari hari lainnya. Terutama bagi perempuan yang mengalami masalah sulit hamil, mengetahui kapan masa subur yang anda miliki sangat penting agar anda bisa segera hamil.

Bila siklus haid teratur (28 hari) :

Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1
Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid

Contoh :
Seorang isteri mendapat haid mulai tanggal 9 Januari. Tanggal 9 Januari ini dihitung sebagai hari ke-1. Maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 20 januari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 24 Januari. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 20 Januari hingga tanggal 24 Januari. Pada tanggal-tanggal tersebut suami isteri tidak boleh bersanggama. Jika ingin bersanggama harus memakai kondom atau sanggama terputus (bisa dilihat di artikel tentang sanggama terputus).

Bila siklus haid tidak teratur :

Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumus:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek “ 18
Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang “ 11

Menentukan masa subur

Selain menggunakan metode kalender di atas, anda dapat mengenali masa subur dari tanda yang ditunjukkan oleh tubuh anda sendiri, diantaranya


  1. Perubahan kekentalan lendir dari area kewanitaan, perubahan ini dipicu oleh peningkatan hormon estrogen. Untuk melakukan tes, basahi dan rekatkan ujung jari telunjuk dan jempol anda dengan cairan lendir rahim kemudian renggangkan sekitar 2 hingga 3 cm, jika lendir tersebut tidak terputus (kental) maka kemungkinan sekitar 80% anda berada pada masa subur.
  2. Terasa nyeri di bagian perut bawah, dan
  3. Peningkatan suhu tubuh dari suhu tubuh biasa.


Jika ingin lebih mudah, anda dapat menentukan masa subur dengan mempergunakan alat bantu atau alat uji kesuburan yang dapat anda beli di apotek.
Share on Google Plus

Tentang Kami

Siap membantu anda dalam meningkatkan kunjungan website
×
Bintang 5 Channel