Septitank Pengertian dan Latar Belakang

Pengertian Tangki septik (bahasa inggris: Septic Tank) ialah suatu kolam atau bak bersekat-sekat sehingga terbagi-bagi dalam sebagian ruang, umumnya terdapat di bawah tanah. Tangki septik adalah daerah pembuangan yang dijadikan tangki ini diciptakan dengan bahan yang kedap air sehingga air dalam tangki septik tak bisa menyerap ke tanah. Tangki septik bermanfaat untuk pembuangan kotoran, tinja, dan sebagainya, yang tak boleh disalurkan ke saluran pembuangan biasa sebab kekotorannya, ditujukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Dalam tangki septik, air pembuangan dan bahan padat yang turut diberikan peluang membusuk dan binasa secara alamiah.

Air yang keluar sebab berlebih dibuang ke sumur septik yang bisa meneruskannya ke air tanah tanpa mengganggu kebersihan air tanah. Apabila tak diguyur dengan obat pembasmi renik, untuk rentang waktu lama, tangki septik tak perlu dikuras.

Tangki septik diaplikasikan untuk mengolah limbah cair rumah tangga skala individual. Tangki septik terdiri dari bak pengendap, ditambah dengan suatu saringan yang diisi kerikil atau pecahan batu untuk menguraikan limbah. Penguraian zat organik dalam limbah cair atau tinja dikerjakan oleh kuman anaerobik. Bak pengendap umumnya terdiri dari dua ruangan, yang pertama berfungsi sebagai bak pengendap pertama, pengurai lumpur (sludge digestion) dan penampung lumpur. Meskipun ruang kedua berfungsi sebagai pengendap kedua dan penampung lumpur yang tak terendapkan di ruang pertama dan luapan iar dari bak pengendap dialirkan ke media saringan dengan arah aliran dari bawah ke atas.

TONTON VIDEO PILIHAN :


Latar Belakang
Pembuatan tangki septik berfungsi untuk mencegah timbulnya penyakit perut menular sepert tifus, kolera, disentri dan sebagainya, yang menyebar lewat tinja/feses atau kotoran manusia. Maka, pengelolaan kotoran hal yang demikian sepatutnya dikerjakan secara bagus dan berencana, supaya akhirnya tak berdampak negatif kepada kesehatan, kebersihan dan keindahan lingkungan.
Share on Google Plus

Tentang Kami

Siap membantu anda dalam meningkatkan kunjungan website
×
Bintang 5 Channel